Analysis of Scale Saturation Index (SSI), Scale Formation Rate, and Scale Formation Time Based on Geothermal Production Well Head Pressure at Well "X"

Authors

  • Akhmad Sofyan Politeknik Energi dan Mineral Akamigas
  • Hari Sumantri Aka Politeknik Energi dan Mineral Akamigas
  • Bambang Yudho Suranta Politeknik Energi dan Mineral Akamigas
  • Safira Maura Aldira Ratasya Politeknik Energi dan Mineral Akamigas

DOI:

https://doi.org/10.53026/IJoEM/2021/1.1/15

Keywords:

Scale, Scale Saturation Index (SSI), Formation Rate, Scale Formation Time

Abstract

Well “X” merupakan salah satu sumur produksi panas bumi yang memproduksikan fluida dua fasa yaitu uap dan brine. Brine inilah yang biasanya membawa zat-zat yang dapat membentuk scale seperti Silica, Calcite dan Sulphide. Scale pada sumur produksi dapat mengurangi produksi secara signifikan karena mampu menghambat aliran fluida di dalam sumur. Hal itulah yang terjadi pada Well “X”. Parameter terpenting dalam pembentukan scale adalah Scale Saturation Index (SSI). Bila SSI > 1, maka fluida dalam kondisi supersaturated dan pengendapan silica dimungkinkan terbentuk. Pembentukan scale akan meningkat seiring dengan penurunan temperatur dan kenaikan pH akibat flashing. Sehingga laju pembentukan scale dan lama waktu pembentukan scale dapat dihitung secara matematis. Data yang diperlukan dalam analisa ini adalah data hasil produksi Well “X” (Output Curve) dan data sampel scale Well “X”. Untuk menghitung SSI dilakukan perbandingan antara konsentrasi silica dalam larutan dengan kelarutan amorphous silica pada kondisi yang sama. Sedang kan untuk menghitung laju pembentukan scale dan lama waktu pembentukan scale adalah densitas silica, kelarutan quartz pada temperatur reservoir, larutan amorf pada temperatur flashing dan salinitas. Dari hasil analisa yang dilakukan didapatkan bahwa endapan silika tidak akan terbentuk pada WHP yang telah digunakan. Apabila dilakukan analisa Trial and Error diantara didapatkan bahwa nilai SSI ? 1 berada pada tekanan 2.3 bar a atau 18.08 psia. fgSedangkan untuk analisa laju dan lama waktu pembentukan scale, pada tekanan WHP 7.81 bar a atau 114.64 psig merupakan yang paling baik karena laju pembentukan scale yang tidak terlalu besar yaitu sekitar 1.56 inch/ tahun dan waktu pembentukan scale sebesar 25% adalah yang lebih lama yaitu 1.12321 tahun.

Downloads

Published

2021-05-31

How to Cite

Sofyan, A. ., Aka, H. S., Suranta, B. Y. ., & Ratasya, S. M. A. . (2021). Analysis of Scale Saturation Index (SSI), Scale Formation Rate, and Scale Formation Time Based on Geothermal Production Well Head Pressure at Well "X". Indonesian Journal of Energy and Mineral, 1(1), 28–37. https://doi.org/10.53026/IJoEM/2021/1.1/15